MorphologicalKeragaan Beberapa Galur Jagung Manis (Zea mays saccharata sturt.) Generasi S2 Performance of Several Sweet Corn (Zea mays saccharata sturt.) Lines At S2 Generation

Authors

  • Muhammad Firdaus Saefulloh Universitas Brawijaya
  • Arifin Noor Sugiharto Brawijaya University

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.protan.2023.011.07.01

Keywords:

Character, Hybrid, Line, Performance, Sweet Corn

Abstract

Jagung manis mempunyai ciri biji yang berkerut, kulit biji yang tipis dan endosperm berwarna kuning. Jagung manis memiliki kandungan gula pada bijinya sehingga memiliki rasa yang manis. Peningkatan produksi jagung manis dapat dilakukan dengan penggunaan varietas hibrida. Keragaan berfungsi untuk mengetahui karakter genotipe tanaman sehingga dapat mengetahui identitas tanaman tersebut. Tujuan penelitian ini mengetahui keragaan galur jagung manis pada karakter kualitatif dan kuantitatif, nilai duga heritabilitas, koefisien keragaman, dan mengetahui galur mana yang berpotensi menjadi calon tetua hibrida. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan November 2021 sampai Februari 2022 di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia. Metode penelitian yang digunakan ialah metode rancangan acak kelompok (RAK) dengan 3 ulangan. Percobaan ini menggunakan 6 galur jagung manis generasi S2. Data yang diamati adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif didapatkan hasil berbeda nyata pada semua karakter yang diamati kecuali karakter letak tongkol dan bobot 100 biji. Pada data kualitatif didapatkan perbedaan antara satu galur dengan galur lainnya. Berdasarkan hasil dapat diketahui keragaan pada masing - masing galur baik karakter kuantitatif maupun karakter kualitatif. Nilai duga heritabilitas dari hasil 6 galur menunjukkan hasil heritabilitas rendah dan sedang. Nilai koefisien keragaman pada karakter kuantitatif didapatkan hasil rendah dan sedang. Galur yang direkomendasikan sebagai calon tetua hibrida adalah galur JM-3. Galur JM-3 memiliki keunggulan hampir pada semua karakter.

References

Dialista, R., dan Sugiharto, A. N. 2017. keragaan jagung manis (Zea mays L. saccharata Sturt) terhadap dua ketinggian tempat. Plantropica 2 (2) : 155–163.

Erdal, S., Pamukcu, M., Savur, O., dan Tezel, M. 2011. evaluation of developed standard sweet corn (Zea mays sacharata L.) hybrids for fresh yield, yield components and quality parameters. Turkish of field crops. 16 (2) : 153–156.

Halide, E. S., dan Paserang, A. P. 2020. keragaman genetik, heritabilitas dan korelasi antar kentang (Solanum tuberosum L.) yang dibudidayakan di Napu. Biocelebes. 14 (1) : 94–104.

Kementerian Pertanian. 2021. Panen Jagung Nusantara, Bukti Pasokan Jagung Melimpah. https://www.pertan ian.go.id/home/?show=news&act=view&id =4925 . Diakses 5 November 2022.

Khairiyah, Siti, K., Muhammad, I., Sariyu, E., Norlian, dan Mahdiannoor. 2017. pertumbuhan dan hasil tiga varietas jagung manis (Zea mays saccharata Sturt) terhadap berbagai dosis pupuk organik hayati pada lahan rawa lebak. Ziraaah. 42 (3) : 230–240.

Mustofa, Z., I Made, B., dan Gamar, B. N. S. 2013. variasi genetik jagung (Zea mays L.) berdasarkan karakterr fenotipik tongkol jagung yang dibudidayakan di Desa Jono Oge. E-Jipbiol. 1 : 33–41.

Rostini, N., Yuliani, E., dan Hermiati, N. 2015. heritabilitas, kemampuan genetik dan korelasi karakter daun dengan buah muda, pada 21 genotip nenas. Zuriat. 17 (2).

Sari, W. P., Damanhuri, dan Respatijarti. 2014. keragaman dan heritabilitas 10 genotip pada cabai besar (Capsicum annuum L.). Produksi Tanaman. 2 (4) : 301–307.

Sari, E. N., dan Sugiharto, A. N. 2018. keragaan beberapa galur jagung pakan (Zea mays L.) generasi S7. Produksi Tanaman. 6 (1) : 56–65.

Wardani, A. K. 2009. Pengujian Pertumbuhan dan Potensi Hasil Beberapa Genotipe Jagung Hibrida (Zea mays L.) di Desa Keprabon, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Widowati, A., Ainurrasjid, dan Sugiharto, A. N. 2016. karakterisasi beberapa galur inbrida jagung manis (Zea mays L. Saccharata). Produksi Tanaman. 4 (1) : 1–7.

Zulaiha, S., Suprapto, dan Dwinardi, A. 2012. infestasi beberapa hama penting terhadap jagung hibrida pengembangan dari jagung lokal bengkulu pada kondisi input rendah di dataran tinggi andisol. Penelitian Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan. 1 (1) : 15–28

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles