Respon Pertumbuhan dan Hasil Empat Varietas Bayam Merah (Amaranthus tricolor L.) dengan Pemberian Beberapa Dosis PGPR

Authors

  • Bellindga Rud Yulika Putri Universitas Brawijaya
  • izmi yulianah Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.protan.2024.012.05.02

Keywords:

Bayam Merah, Hasil, PGPR, Varietas

Abstract

Bayam merah dikenal sebagai sumber makanan yang kaya akan sumber protein, vitamin A, B dan C serta mengandung garam mineral seperti fosfor, kalsium dan zat besi. Pemanfaatan PGPR dan varietas unggul untuk meningkatkan produksi bayam merah. Tujuan dari penelitian ini untuk Mempelajari respon pertumbuhan dan hasil beberapa varietas bayam merah terhadap pemberiaan beberapa dosis PGPR. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei – Juni 2023 di lahan yang bertempat di Desa Duyung, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan. Bahan yang digunakan adalah benih tanaman bayam merah dengan 4 jenis varietas yaitu varietas Mira, varietas Baret Merah, varietas Red Lady, varietas Manila dan larutan PGPR. Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 faktor perlakuan 3 kali ulangan. Data hasil pengamatan dianilisis menggunakan analisi ragam (ANOVA) dan uji lanjut menggunakan BNJ dengan Taraf 5%. Terdapat respon terhadap varietas bayam merah dengan pemberian dosis PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman. Respon varietas bayam merah dengan pemberian PGPR terhadap hasil yang didapat tidak berbeda dengan perlakuan tanpa pemberian PGPR (kontrol).

 

Kata Kunci: Bayam Merah, PGPR, Hasil, Varietas.

References

Adelia, P. F. 2013. Pengaruh Penambahan Unsur Hara Mikro ( Fe dan Cu ) Dalam Media Paitan Cair Dan Kotoran Sapi Cair Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Bayam Merah (Amaranthus tricolor L .) Dengan Sistem Hidroponik Rakit Apung The Effect Of Micro Nutrition Addition ( Fe and Cu). Produksi Tanaman. Vol.1(3): 48–58.

Aritonang, A. M. dan S. L. Peunamaningsih. 2018. Heritabilitas Karakter Agronomi pada Lima Populasi Bayam Merah (Amaranthus tricolor L.). Jurnal Produksi Tanaman. Vol.6(10): 2431-2438.

Fahik, M.A., E. Kustiani. dan B. Dwi Moeljianto. 2021. Efek Dosis dan Frekuensi Aplikasi Pupuk Organik Cair PGPR (Plant Growth Promoting Rhizhobacteria) Terhadap Produktivitas Bayam Merah. J. Ilmiah Nasional Mahasiswa Pertanian (JINTAN). Vol.1(1): 73-82.

Kie, K., S. Sutardi, E. M. Sari dan N. N. Maulina. 2021. Pengaruh Pemberian PGPR Terhadap Pertumbuhan Sawi Hijau (Brassica juncea L.). Jurnal AGRIMUDA. Vol.1(1):1-14.

Oktaviani, E. Dan S. M. Sholihah. 2018. Pengaruh Pemberian Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kailan (Brassica oleraceae var. Acephala) Sistem Vertikultur. J. Akbar Juara. Vol.3(1): 63-70

Pebrianti, C., R. B. Ainurrasyid dan S. L. Purnamaningsih .2015. Uji kadar antosianin dan hasil enam varietas tanaman bayam merah (Alternanthera amoena Voss) pada musim hujan. Jurnal Produksi Tanaman. 3(1): 27-33.

Prabowo, R. 2008. Kajian Biopestisida dan Pupuk Hayati Dalam Mendukung Pengelolaan Tanaman Tomat Secara Terpadu. Jurnal Mediagro.Vol.4 (1):81-88.

Pransundari, I. R. dan E. W. Sitawati. 2018. Studi toleransi dua tipe tanaman petunia (petunia x hibrida) terhadap naungan. Jurnal Produksi Tanaman. 6(4), 569-578.

Ritonga, A. W., M. S. Ar Rosyid, A. Anderson, M. A. Chozin dan Purwono. 2021. Perbedaan Pertumbuhan dan Produktivitas Varietas Bayam Hijau dan Bayam Merah. Jurnal Agro. Vol.8(2): 287-297.

Zainudin, A. L. Abadi dan L. Aini. 2014. Pengaruh Pemberian Plant Growth Promoting Rhizobacteria (Bacillus sp. Dan Pesudomonas sp.) Terhadap Penyakit Bulai pada Tanaman Jagung (Zea mays L.). HPT. 2(1) 11-18

Downloads

Published

2024-05-30

Issue

Section

Articles