Respon Benih Cabai (Capsicum annum L.) Kadaluarsa Terhadap Lama Perendaman dan Macam ZPT Alami Pada Viabilitas, Vigor dan Pertumbuhan Bibit.

Authors

  • Fatiyatul Sakinah Universitas Brawijaya
  • Sri Lestari Purnamaningsih Universitas Brawijaya
  • Izmi Yulianah Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.protan.2023.011.03.07

Keywords:

Benih Kadaluarsa; Cabai; Lama Perendaman; ZPT Alami

Abstract

Benih kadaluarsa menyebabkan menurunnya kualitas dan mutu benih. Salah satu upaya untuk mengoptimalkan mutu benih kadaluarsa adalah dengan perlakuan invigorasi menggunakan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) yang dapat diperoleh secara alami dari ekstrak bahan alami. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh jenis ZPT alami dan lama perendaman terhadap viabilitas, vigor dan pertumbuhan bibit pada benih cabai kadaluarsa. Penelitian dilaksanakan di Green house Lahan Percobaan Jatimulyo pada bulan Februari sampai Mei 2022. Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengakap (RAL) Faktorial. Faktor pertama yaitu jenis ekstrak bahan alami sebagai sumber ZPT alami dan faktor kedua yaitu lama perendaman yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan jenis ZPT alami berpengaruh nyata baik itu terhadap uji viabilitas dan vigor benih dan pertumbuhan bibit. Perlakuan lama perendaman berpengaruh nyata terhadap uji viabilitas dan vigor benih, tinggi tanaman dan jumlah daun akan tetapi tidak berpengaruh terhadap panjang akar. Interaksi antara faktor 1 dan 2 berpengaruh tidak nyata terhadap variabel uji viabilitas dan vigor, jumlah daun dan panjang akar. Akan tetapi, pada variabel tinggi tanaman interaksi hanya ditemukan pada saat tanaman berumur 5 HST (Hari Setelah Tanam).

References

Abidin, Z. 1993. Dasar - Dasar Pengetahuan Tentang Zat Pengatur Tumbuh. Angkasa Bandung. Jakarta.

Alimudin. M. Syamsiah, dan Ramli. 2017. Aplikasi Pemberian Ekstrak Bawang Merah (Allium cepa L.) Terhadap Pertumbuhan Akar Stek Batang Bawah Mawar (Rosa sp.) Varietas malltic. J. Agroscience. 7(1): 194 - 202.

Bewley, J.D. 1997. Seed germination and dormancy. The Plant Cell. 9. 1055–1066.

Halimursyadah, H., Jumini, J., dan Muthiah, M. 2015. Penggunaan Organic Priming dan Periode Inkubasi Untuk Invigorasi Benih Cabai Merah (Capsicum annum L.) Kadaluarsa Pada Stadia Perkecambahan. Jurnal Floratek. 10(2): 78-86.

International Seed Testing Association. 2014. Internasional Rules for Seed Testing. ISTA. Switzerland.

Juanda, J., Nurmiaty, Y., dan Ermawati, E. 2013. Pengaruh skarifikasi pada pola imbibisi dan perkecambahan benih saga manis (Abruss precatorius L.). Jurnal Agrotek Tropika. 1(1).

Krisnawati, Y., dan Febrianti, Y. 2019. Identifikasi Tumbuhan Famili Solanaceae Yang Terdapat Di Kecamatan Tugumulyo. Biosfer, J. Bio. dan Pend. Bio. 4(2): 73.

Kortse, P.A., J.A. Oladiran. 2013. Effects of season, time of fruit harvesting and afterripening durations on the quality of ‘Egusi’ melon (Citrullus lanatus (Thunb.) Matsum and Nakai). seed. IJSRP 3:1-10.

Kurniati, F., Hartini, E., dan Solehudin, A. 2019. Effect of Type of Natural Substances Plant Growth Regulator on Nutmeg (Myristica Fragrans) Seedlings. Agrotechnology Research Journal. 3(1): 1-7.

Kuswanto, H., 1993. Teknologi Pemrosesan, Pengemasan dan Penyimpanan Benih. Kanisius. Jakarta. (ID).

Marfirani, M. 2014. Pengaruh pemberian berbagai konsentrasi filtrat umbi bawang merah dan rootone-f terhadap pertumbuhan stek melati. LenteraBio: Berkala Ilmiah Biologi. 3(1).

Mayer, A.M. dan A. Poljakoff-Mayber. 1963. The Germination of Seeds. Macmillan. New York.

Nurlaili. 2009. Tanggap Beberapa Klon Anjuran dan Periode Pemberian Air Terhadap Pertumbuhan Bibit Karet (Hevea brassilliensis Muell. Arg.) dalam Polybag. J. Penelitian Universitas Baturaja 1(1): 48-56.

Purwanti, S. 2004. Kajian suhu ruang simpan terhadap kualitas benih kedelai hitam dan kedelai kuning. Ilmu Pertanian (Agricultural Science). 11(1).

Puspitaningtyas, I., Anwar, S., dan Karno, K. 2018. Perkecambahan benih dan pertumbuhan bibit jarak pagar (Jatropha curcas Linn.) dengan invigorasi menggunakan zat pengatur tumbuh pada periode simpan yang berbeda. Journal of Agro Complex. 2(2): 148-154.

Putra, D., dan Rohmanti Rabaniyah, N. 2011. Pengaruh Suhu dan Lama Perendaman Benih Terhadap Perkecambahan dan Pertumbuhan Awal Bibit Kopi Arabika (Coffea arabica). Vegetalika. 1(3): 21-30.

Rusmin, D. 2007. Peningkatkan viabilitas benih jambu mete (Anacardium occidentale L.) melalui invigorasi. Jurnal Perkembangan Teknologi Tanaman Rempah dan Obat. 19(1): 56-63.

Sutopo. L. 2002. Teknologi Benih. Buku. Rajawali Press. Jakarta. 245 hal.

Ziemer. R .1981. Roots and the stability of forested slopes. Erosion and sediment transport in Pasific Rim Steeplands. IAHS. Pub132.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles