Pertumbuhan dan Produksi Dua Varietas Sorgum (Sorghum bicolor) dengan Aplikasi Bahan Organik Eceng Gondok (Eichhornia crassipes)

Growth and Production of two varieties of Sorghum (Sorghum bicolor) with the Application of Water Hyacinth (Eichhornia crassipes) Organic Matter

Authors

  • Nurmi Nurmi Universitas Negeri Gorontalo
  • Nikmah Musa Universitas Negeri Gorontalo
  • Angry Pratama Solihin Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.protan.2023.011.03.02

Keywords:

Organic Ingredients, Water Hyacinth, Sorghum, Variety

Abstract

Tanaman sorgum (Sorghum bicolor) merupakan salah satu jenis tanaman budidaya yang dapat dimanfaatkan baik sebagai bahan pangan maupun pakan.  Pertumbuhan dan produksi sorgum yang baik memerlukan kondisi lingkungan yang sesuai, baik iklim maupun tanah.  Tanah dengan kadar bahan organik yang rendah kurang mampu mendukung pertumbuhan dan produksi tanaman yang baik.  Salah satu jenis bahan organik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kadar bahan organik tanah pada pertanaman sorgum adalah eceng gondok (Eichhornia crassipes) karena produksi biomassnya cukup tinggi.  Penelitian ini bertujuan  mengetahui pengaruh bahan organik eceng gondok untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman sorgum.  Penelitian ini didesain dalam Rancangan Lingkungan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan Rancangan Perlakuan 2 Faktor (RAK-Faktorial).  Faktor pertama adalah varietas sorgum yang terdiri dari 2 taraf sebagai berikut: V1 = Varietas Numbu V2 = Varietas Kawali.  Faktor kedua adalah dosis bahan organik eceng gondok yang terdiri dari lima taraf sebagai berikut: P0 = tanpa bahan organik eceng gondok; P1 = 10 ton.  ha-1; P2 =  20 ton.ha-1; P3 =  30 ton.    ha-1;  P4 = 40 ton.ha-1. Penelitian ini dilaksanakan dilahan pertanian Desa Hulawa, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo selama 4 bulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan varietas dan bahan organik eceng gondok berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, panjang malai dan hasil biji kering panen, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah daun.  Terdapat interkasi antara varietas dengan bahan organik eceng gondok terhadap panjang malai dengan interaksi terbaik pada kombinasi perlakuan V2P4 =  Varietas Kawali dengan bahan organik eceng gondok 40 ton.ha-1 dengan panjang malai 28,90 cm.

Author Biographies

Nikmah Musa, Universitas Negeri Gorontalo

Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo, lektor kepala

Angry Pratama Solihin, Universitas Negeri Gorontalo

Agroteknologi Pertanian Universitas Negeri Gorontalo

References

DAFTAR PUSTAKA

Iliyin, M., R. Kesumaningwati, dan N. Puspita P. 2012. Laju dekomposisi bokashi eceng gondok dan jerami padi dengan menggunakan EM4 dan M-Bio terhadap pH, N, P, K, dan rasio C/N tanah bervegetasi alang-alang. Media sains. 4(2): 117 – 122

Krismono, A.S. Nastiti, A. Suryandari, and J. Haryadi. 2020. Eichhornia crassipes aquatic plant management technology for water resources enhancement. Earth and Environmental Science.521 012011

Londra, I.M. N.P. Suratmini, dan IB Aribawa. 2016. Kajian pemanfaatan pupuk organik dan anorganik pada tanaman sorgum di lahan kering sebagai sumber pakan alternative di Bali. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian, Banjarbaru, 20-Juli-2016. Hal. 1314-1319.

Pramanda, R.P., K.F. Hidayat, Sunyoto, dan M. Kamal. 2015. Pengaruh aplikasi bahan organik terhadap pertumbuhan dan hasil beberapa varietas sorgum (Sorghum bicolor (L.) Moench). Jurnal Agrotek Tropika. 3(1): 85 – 91.

Prabawa, I.D.G.P. 2016. Potensi tandan kosong kelapa sawit dan eceng gondok sebaga bahan baku pupuk organik. Jurnal riset industri hasil hutan. 8(1): 9 – 16

Patra, M, N.L. Kartini, N.N Soniary. 2019. Pengaruh pupuk organik eceng gondok dan pupuk hayati terhadap sifat biologi tanah, pertumbhan, dan hasil tanaman sawi (Brassica juncea, L.). E-Jurnal Agroteknologi Tropika. 8(1): 118 – 126.

Pramesti, A.D., dan B. Hermiyanto. 2019. Pengaruh pemupukan kompos blotong dan pupuk organik cair eceng gondok terhadap Infeksi Endomikoriza dan Produksi tanaman sorgum (Shorgum bicolor (L.) Moench) pada lahan pasir pantai Paseban Kabupaten Jember. Berkala Ilmiah Pertanian. 2(3): 108-114

Sittadewi, E.H. 2007. Pengolahan bahan organik eceng gondok menjadi media tumbuh untuk mendukung pertanian organik. Jurnal Teknologi Lingkungan. 8(3): 229 – 234.

.Suminarti, N.Y., A.Y. Guntoro, dan A.N. Fajrin. 2018. Aplikasi bahan organik pada tanaman sorgum (Sorghum bicolor L.Moench) var. KD4 di lahan kering untuk peningkatan penyediaan hara. Jurnal Lahan Suboptimal. 7(2): 144 – 156.

Toruan, O.L., dan T. Nurhidayah. 2017. Pengaruh pupuk kompos eceng gondok dan mulsa organik Mucuna bracteata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit (Elaeis guineensis, Jacq.) di pembibitan utama. JOM Faperta, Universitas Riau: 4(2): 1 – 15.

.Yuliana, A.I., M.S. Ami, M. Faizah, dan Z. Fitriah. 2019. Pemanfaatan eceng gondok (Eichornia crassipes) dan pupuk kandang kambing sebagai bahan baku ameliorant organik. Exact Papers in Compilation. 1(1): 13 – 20.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles