Pengaruh Pemberian Konsentrasi Eco-Enzyme dan Dosis Pupuk NPK Terhadap Pertumbuhan Rumput Bermuda (Cynodon dactylon (L.) Pers.) Var. Tifway

Authors

  • Syanel Zalza Safitri Universitas Brawijaya
  • Medha Baskara Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.protan.2024.012.04.07

Keywords:

Eco-enzyme; NPK; Rumput Bermuda; Tifway.

Abstract

Rumput bermuda (Cynodon dactylon (L.) Pers.) Var. Tifway. Merupakan salah satu jenis rumput lanskap yang paling sering digunakan sebagai sebagai penutup lahan. Hal ini menyebabkan permintaan rumput bermuda semakin meningkat. Untuk itu perlu mengoptimalkan kualitas maupun kuantitas rumput bermuda melalui pemupukan. Penggunaan pupuk anorganik NPK Mutiara lokal dan pupuk organik eco-enzyme dapat diterapkan dalam budidaya rumput bermuda. Tujuan dari penelitian yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsentrasi eco-enzyme dan dosis pupuk NPK yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman rumput bermuda. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Penelitian dilakukan menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial (RAKF). Faktor pertama adalah konsentrasi eco-enzyme yang terdiri dari taraf perlakuan 0 ml L-1 (E0), 20 ml L-1 (E1), dan 40 ml L-1 (E2). Faktor kedua yaitu dosis pemupukan NPK yang terdiri dari taraf perlakuan 0 kg ha-1 (N0), 320 kg ha-1 (N1), dan 630 kg ha-1 (N2). Pengamatan yang dilakukan meliputi jumlah anakan, panjang akar, bobot segar tanaman, bobot kering tanaman, dan persentase penutupan rumput. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis menggunakan Analisis Ragam dengan taraf koreksi 5%. Apabila pengaruh yang didapatkan nyata maka dilanjutkan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa rumput bermuda dengan konsentrasi eco-enzyme 40 ml L-1 (E2) dan pupuk NPK 630 kg ha-1 (N2) mampu menghasilkan jumlah anakan, bobot segar tanaman, bobot kering tanaman, dan persentase penutupan rumput. Pada perlakuan konsentrasi eco-enzyme 40 ml L-1 (E2) mampu menghasilkan panjang akar.

References

Alfin, K., G. Hajoenigtijas, dan P. Bayu. 2020. Uji pupuk urea slow release matriks komposit pada pertumbuhan dan hasil tanaman caisin (Brassica chinensis L.). Pembangunan Pertanian Berkelanjutan dalam Perspektif Teknologi, Sosial, dan Ekonomi. 5(3): 248–253.

Benyamin, H., dan A. Maruapey. 2015. Pertumbuhan dan produksi tanaman terung (Solanum melongena L.) pada berbagai dosis pupuk organik limbah biogas kotoran sapi.

Damayanti, P. R. 2023. Pengaruh berbagai konsentrasi eco enzyme dan pinching terhadap pertumbuhan dan pembungaan tanaman pacar air (Impatiens hawkeri Bull) pada vertical pipe. J. Pro. Tan. 11(1): 1-9.

Global Opportunity Analysis and Industry Forecast. 2022. Turf grass and turf solutions market.

Novizan. 2005. Petunjuk pemupukan yang efektif. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

Permana, C. P., E. Nurlaelih, dan Ariffin. 2019. Toleransi tiga jenis rumput lanskap terhadap intensitas naungan. J. Pro. Tan. 7(9): 1710–1716.

Pratama, A. 2022. Pengaruh eco-enzyme dan vermikompos terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman seledri (Apium graveolens L.).

Rahayu, M. R., I. N. Muliarta, dan M. Situmeang. 2021. Seas (sustainable evironment agricultural science) acceleration of production natural disinfectants from the combination of eco-enzyme domestic organic waste and frangipani flower (Plumeria alba). Sust. Environ. Agri. Sci. 5(1): 15-21.

Rasit, N., L. H Fern, dan W. A. Ghani. 2019. Orange wastes and it’s influence on the aquaculture sludge. Int. J. of Civ. Engi. and Tech. 10(3): 967–980.

Salsabila, R., M. Karno, dan E. D. Purbajanti. 2021. Respon pertumbuhan stek soka mini (Ixora coccinea) terhadap konsentrasi pemberian dan lama perendaman zpt alami ekstrak bawang merah. J. Agro. Complex. 5(1): 57-65.

Septiani, U., Najmi, dan R. Oktavia. 2021. Eco-enzyme: pengolahan sampah rumah tangga menjadi produk serbaguna di yayasan khazanah kebajikan. J. Abdi. Kedok. dan Kes.

Syukur, A. dan E. S. Harsono. 2012. Pengaruh pemberian pupuk kandang dan npk terhadap beberapa sifat kimia dan fisika tanah pasir pantai samas bantul. J. Ilmu Tan. dan Ling. 6(2): 52-58.

Widhita, J., Sukindar, dan Sitawati. 2008. Perbandingan pemberian beberapa jenis pupuk npk terhadap kualitas rumput bermuda (Cynodon dactylon).

Yelianti, U. 2011. Respon tanaman selada (Lactuca sativa) terhadap pemberian pupuk hayati dengan berbagai agen hayati. Biospecies. 4(2): 35-39.

Zakaria, R. A. 2006. Karakterisasi rumput bermuda (Cynodon dactylon L.) lokal berdasarkan kualitas visual dan fungsional untuk pengembangan turfgrass asli indonesia.

Zhu, G., D. Cheng, H. Zhang, dan X. Wang. 2020. Effects of garbage enzyme on the heavy metal contents and the growth of castor under mine tailing. IOP Conf. Series: Earth and Environ. Sci. 474(2).

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles