Distribusi Warna Polong Ungu Pada 6 Varietas Kacang Panjang (Vigna sesquipedalis L. Fruwirth)

Authors

  • Rizki Alifya Rosyida Universitas Brawijaya
  • Izmi Yulianah

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.protan.2023.011.12.05

Keywords:

Distribusi; Jumlah gen; Kacang panjang; Warna polong.

Abstract

Kacang panjang (Vigna sesquipedalis L. Fruwirth) merupakan salah satu produk hasil pertanian yang banyak digemari karena memiliki kandungan gizi yang tinggi. Kacang panjang yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat pada umumnya memiliki warna polong hijau. Saat ini terdapat varietas kacang panjang berpolong ungu yang sudah mulai dikembangkan di Indonesia. Adanya keragaman genetik berarti terdapat variasi nilai genotipe antar individu dalam suatu populasi. Kacang panjang berpolong ungu merupakan salah satu hasil rakitan dari varietas-varietas unggul yang memiliki produktivitas tinggi dan memiliki manfaat lain bagi kesehatan manusia. Warna ini merupakan hasil perbaikan potensi dan kualitas hasil yang diharapkan dapat menjadi varietas yang unggul. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan informasi tentang distribusi warna polong ungu pada 6 varietas kacang panjang. Penelitian ini dilakukan dengan metode single plot tanpa ulangan yang terdiri dari 6 varietas kacang panjang ungu. Pengamatan dilakukan secara single plant pada 100 tanaman. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai April 2020, di Agro-Techno Park Universitas Brawijaya Jatikerto. Hasil penelitian ini menunjukkan pada varietas Brawijaya Ungu 1 terdapat hasil yang berdistribusi normal pada karakter warna polong, namun tidak terdistribusi normal pada karakter warna batang dan warna bunga. Sedangkan pada varietas Brawijaya Ungu 2, Brawijaya Ungu 3, Brawijaya Ungu 4, Brawijaya Ungu 5, dan Brawijaya Ungu 6 tidak terdapat hasil yang berdistribusi normal pada karakter warna batang, warna bunga, dan warna polong.

References

Basrowi, H.A. 2017. Evaluasi daya hasil dan komponen hasil 10 genotipe kacang panjang (Vigna ungiculata (L.) Walp.) berpolong hijau dan ungu. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Kuswanto, B. Waluyo dan P. Hardinanimhsih. 2012. Pembentukan Galur-Galur n Harapan Kacang Panjang (Vigna sesquipedalis L. fruwirth) Berpolong Ungu. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya.

Kuswanto, B. Waluyo, P. Hardinaningsih. 2013. Segregation and selection of

observed yardlong bean (Vigna sesquipedalis L. fruwirth) to get expected lines of purple pod. IRJAS. 3(3):88-92.

Sari, D. K. 2019. Uji Kebenaran dan Tingkat Kemurnian Enam Varietas Kacang Panjang (Vigna sesquipedalis L. Fruwirth) Polong Ungu. Malang : Universitas Brawijaya

Supriatun, N., Kuswanto, dan D. Saptadi. 2015. Rejuvinasi dan Pemurnian Genetik Enam Varietas Kacang Panjang (Vigna sesquipedalis (L.) Fruwirth) Berpolong Ungu Berdasarkan Karakter Morfologi. Malang : Universitas Brawijaya, Malang.

Fedi, S. 2018. Memahami Karakter Data Penelitian Dengan Mengamati Koefisien Skewness dan Kurtosis. J. Pendidikan dan Kebudayaan Missio. 10 (2):137-273.

Ajhar, U. M. Yakop, L. Ujianto. 2018. Deskripsi Sifat Kualitatif Dan Kuantitatif Jagung Kultivar Lokal Kebo Hasil Seleksi Massa Hingga Siklus Keempat Dalam Sistem Tanam Tumpangsari. Fakultas Pertanian Universitas Mataram.

Anas dan I. L. Hakim. 2017. Pola Pewarisan Karakter Umur Tanaman Sorgum (Sorghum bicolor (L.) Moench). J. Agriculture. 28 (2):103-110.

Parnidi, L. Soetopo, Damanhuri, dan Marjani. 2019. Genetika Ketahanan Tanaman Kenaf Terhadap Nematoda Patogen. J. Litbang Pertanian. 11 (2):65-72.

Sriwidarti, N. Sa’diyah, S. D. Utomo, dan M. Barmawi. 2010. Pola Pewarisan Karakter Kualitatif Kacang Panjang (Vigna Sinensis Var. sesquipedalis L.) Keturunan Testa Coklat x Hitam. J.Agrotropika. 15 (1):43-47.

Yuliani, D dan W. R. Rohaeni. 2017. Heritabilitas, Sumber Gen, Dan Durabilitas Ketahanan Varietas Padi Terhadap Penyakit Hawar Daun Bakteri . J. Litbang Pertanian. 36 (2):99-108.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles