TINGKAT KEBERHASILAN PEMBENTUKAN BUAH TIGA VARIETAS TANAMAN TOMAT (Lycopersicon esculentum Mill.) PADA LINGKUNGAN YANG BERBEDA

Authors

  • Nungky Kusumayati Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya
  • Euis Elih Nurlaelih Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya
  • Lilik Setyobudi Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya

Abstract

Rumah plastik adalah suatu bangunan yang tertutup dengan plastik polyethylene untuk melindungi tanaman dari pengaruh negatif lingkungan serta dari hama dan penyakit. Permasalahan lain timbul karena hampir tidak ada pergerakan angin dan serangga yang ada di dalam rumah plastik. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan persentase pembentukan buah tiga varietas tomat pada lingkungan yang berbeda. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Bedali, Malang. Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiri dari 6 perlakuan dan 4 ulangan. Hasil penelitian diperoleh, bahwa persentase terbentuknya buah tertinggi terdapat pada Varietas Juliet yang ditanam di luar rumah plastik 93,6%, sedangkan persentase terbentuknya buah terendah yaitu pada Varietas Juliet yang ditanam di dalam rumah plastik 79,5%. Perlakuan di luar rumah plastik memiliki bobot buah total lebih besar dibandingkan bobot buah segar perlakuan di dalam rumah plastik.

Kata kunci: Tanaman tomat, Rumah plastik, Persentase pembentukan buah, Varietas Juliet, Varietas Ratna, Varietas Hibrid F1 Maestro.

Downloads

Published

2015-12-14

Issue

Section

Articles