PENGARUH PEMBERIAN PGPR (PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA) PADA PERTUMBUHAN BUD CHIP TEBU (Saccharum officinarum L.)

Authors

  • Mey Eka Sulistyoningtyas Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya
  • Mochammad Roviq Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya
  • Tatik Wardiyati Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya

Keywords:

Saccharum officinarum L., Bud chip, (PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria), Pseudomonas fluorescens, Bacillus subtilis.

Abstract

Produksi tebu nasional yang rendah dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik bud chip untuk mendapatkan bibit yang berkualitas. Teknik bud chip tebu mempunyai kendala pada daya perkecambahan yang rendah. Upaya untuk mengatasi rendahnya daya kecambah ialah melalui pemberian PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria) sebagai pemacu pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan komposisi terbaik dari bakteri Pseudomonas fluorescens dan Bacillus subtilis pada PGPR yang dapat meningkatkan pertumbuhan bud chip tebu. Penelitian dilakukan pada bulan Januari hingga Mei 2015 di CV. Joyo Rosan, Gurah Kediri, Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok dengan komposisi bakteri Pseudomonas fluorescens dan Bacillus subtilis yang berbeda sebagai faktor yang ingin diketahui pengaruhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan PGPR sebagai zat pemacu tumbuh pada bud chip varietas PS 882 mampu mempercepat pertumbuhan tanaman.

Downloads

Published

2017-10-05

Issue

Section

Articles